top of page

Pengertian Merchandise, Fungsi dan Jenisnya

Updated: Aug 24, 2023

Hotline: Merchandise masih menjadi bincangan populer





Menjadi salah satu barang atau pernak-pernik yang sering kali ditemui, banyak dipakai banyak orang maupun perusahaan ketika menggelar acara tertentu sebagai oleh-oleh atau hadiah, biasanya disebut dengan merchandise. Merchandise adalah salah satu media yang sangat populer dipakai untuk mendukung aktivitas promosi dan bisa dipakai sebagai sumber pendapatan sendiri.


Merchandise menjadi salah satu elemen pemasaran yang menjadi pilihan tepat di era digital marketing seperti sekarang. Contoh dari merchandise bisa ditemukan di banyak tempat, seperti pasar, supermarket, mall dan lain sebagainya. Semua masyarakat sepertinya sudah mengetahui apa itu merchandise, meskipun dengan nama yang berbeda yakni souvenir.


Apa sih merchandise itu?

Disebut merchandise karena termasuk merupakan jenis pernak-pernik yang jarang ditemui masyarakat, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu hadiah yang sering kali dipakai sejumlah orang saat menggelar sebuah acara. Selain untuk hadiah, merchandise juga digunakan untuk menarik minat masyarakat membeli sesuatu yang ditawarkan atau dipromosikan.


Bagi suatu perusahaan, merchandise dimanfaatkan sebagai pengingat untuk pelanggan dan konsumen suatu produk tertentu dalam bisnis yang dijalankan. Tak heran mengapa banyak merchandise yang muncul dengan menempatkan logo atau merek dari suatu perusahaan tertentu yang mudah dilihat oleh pelanggan atau konsumen.

Diperlihatkannya logo atau merek suatu perusahaan agar konsumen atau pelanggan bisa melihat dengan mudah, merchandise bisa dimanfaatkan sebagai media atau sarana untuk promosi dan pengiklanan. Pada umumnya, merchandise dibuat berupa barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh konsumen atau orang yang ingin menggunakannya.

Fungsi Merchandise


Merchandise memiliki peran penting dalam dunia pemasaran, bisnis bisa sangat bergantung terhadap adanya merchandise ini. Hal itu tak lepas dari fungsi yang dimiliki, bagi suatu perusahaaan adanya merchandise merupakan salah satu cara berkomunikasi yang termasuk dalam strategi pemasaran yang diterapkan dalam berbagai media, berikut beberapa fungsinya.

  • Sebagai media memperkenalkan produk ke masyarakat.

  • Salah satu cara branding produk.

  • Untuk memperluas jaringan.

  • Meningkatkan penjualan.

  • Menarik minat pengunjung dalam suatu acara.

  • Sebagai media yang dipakai untuk promosi.

  • Sebagai souvenir atau cinderamata.



Jenis Merchandise

Kemunculan merchandise sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan dari orang serta pihak yang membutuhkannya. Hal ini membuat adanya beberapa jenis dari suatu merchandise itu, perusahaan yang menjalankan bisnis tentu dipermudah dengan pilihan merchandise yang ada, berikut ini beberapa jenis dari merchandise yang bisa digunakan.

  • Merchandise Daily Product

Jenis pertama dari merchandise ini menjadi yang paling sering dipilih oleh sebuah brand, daily product sesuai dengan namanya. Merchandise ini dapat digunakan sehari-hari, beberapa contoh yang ada seperti gelas, mug, notebook, totebag dan lain sebagainya. Karena penggunaannya memang pada aktivitas sehari-hari.

  • Merchandise Produk Fashion

Jenis merchandise ini biasanya dipilih para pemilik brand atau merek, produk fashion dengan beberapa contohnya seperti kaos, jaket, masker, celemek dan lain sebagainya. Perusahaan dengan bisnis yang bergerak di bidang fesyen selalu memakai barang-barang atau merchandise dari jenis yang ini.

  • Merchandise Produk Unik

Produk yang berbeda dari yang lain, memiliki keunikan tersendiri membuat banyak perusahaan atau pemilik bisnis tertarik menggunakannya. Beberapa contohnya seperti stiker, lightstick dan lain sebagainya. Salah satu bidang yang kerap menggunakan merchandise unik ini biasanya menyasar para penggemar atau pengidola grup musik.



8 views0 comments

Comments


bottom of page